Kamis, 24 November 2011

Roti Manis Isi




Bahan : 
400 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protein sedang
10 gr ragi instant
2 gr bread improver (jika suka)
100 gr gula pasir
15 gr susu bubuk
100 gr telur (2 btr)
50 gr susu evaporated
100 gr air es
75 gr mentega tawar/margarin
6 gr garam



Cara membuat:
1. Olesi baskom untuk fermentasi dan loyang kue kering dengan margarin. Sisihkan.
2. Siapkan semua bahan kering (kecuali garam), aduk rata. Tambahkan telur, susu evaporated, dan air es. Aduk sampai menjadi adonan.
3. Pindahkan ke atas meja, uleni lalu tambahkan mentega dan garam, sedikit demi sedikit. Terus uleni hingga kalis (± 15-20 menit). Setelah adonan kalis, bulatkan dan taruh dalam baskom beroleskan mentega. Balik adonan, hingga permukaan berlapis mentega berada di atas. Tutup dengan plastik lengket/lap lembab. Biarkan hingga adonan mengembang (± 30 menit).
4. Jika adonan sudah cukup mengembang, kempiskan adonan dengan cara ditinju. Bagi dan timbang adonan ± 40 gr (sesuai selera). Bulatkan, tutup dan istirahatkan selama 10 menit agar adonan mudah digilas dan dibentuk.
5. Isi dan bentuk adonan sesuai selera.
6. Pindahkan adonan yang telah diisi dan dibentuk ke atas loyang. Istirahatkan sampai adonan mengembang lagi (± 75 menit).
7. Panaskan oven pada suhu 170 °C. Olesi permukaan kue dengan kuning telur/susu evaporated. Panggang hingga permukaan roti coklat keemasan.
Bahan Isi :

Untuk isi keju :
Bahan :
300 gr keju cheddar, parut kasar
100 gr keju cheddar, parut, untuk taburan

Untuk isi coklat :
Bahan :
150 gr krim kental
150 gr dark cooking chocolate, potong-potong
sdt rhum (bisa ditiadakan)

Cara membuat
:
Masak krim diatas api kecil sambil diaduk hingga mendidih. Masukkan coklet, aduk hingga coklat meleleh. Angkat. Aduk hingga setengah dingin, beri rhum. Sisihkan dalam lemari es. Biarkan beberapa saat hingga adonan coklat dingin dan mengental.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar