Kamis, 24 November 2011

Siapakah Pemuda Itu?



Pemuda adalah sekelompok usia muda yang memiliki semangat tinggi, jiwanya masih menggelora meneriakkan kebenaran. Pemuda adalah sosok individu yang identik dengan usia produktif. Dalam islam pemuda dikenal dengan istilah asy-syabab yang memiliki karakter seperti:

1. Berani merombak dan bertindak revolusioner terhadap tatanan sistem yang rusak. Seperti kisah pemuda (Nabi) Ibrahim. “Mereka berkata: ‘Siapakah yang (berani) melakukan perbuatan ini terhadap tuhan-tuhan kami? Se­sungguhnya dia termasuk orang orang yang zalim, Mereka berkata: ‘Kami dengar ada seorang pemuda yang (berani) mencela berhala-berhala ini yang bernama Ibrahim.” (QS.Al­-Anbiya, 21:59-60).
2. Memiliki standar moralitas (iman), berwawasan, bersatu, optimis dan teguh dalam pendirian serta konsisten dalam dengan perkataan. Seperti tergambar pada kisah Ash-habul Kahfi (para pemuda penghuni gua).“Kami ceritakan kisah me­reka kepadamu (Muhammad) dengan sebenarnya. Sesungguhnya mereka itu adalah pemuda.pe­muda yang beriman kepada Tuhan mereka dan Kami tambah­kan kepada mereka petunjuk; dan Kami telah meneguhkan hati mereka di waktu mereka berdiri, lalu mereka mengatakan: “Tuhan kami adalah Tuhan langit dan bumi; kami sekali-kali tidak menyeru Tuhan selain Dia, se­sungguhnya kami kalau demikian telah mengucapkan perkataan yang amat jauh dari kebenaran” (QS.18: 13-14).
3. Seorang yang tidak berputus-asa, pantang mundur sebelum cita-citanya tercapai. Seperti digambarkan pada pribadi pemuda (Nabi) Musa. “Dan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada muridnya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai kepertemuan dua buah lautan; atau aku akan ber­jalan sampai bertahun-tahun” (QS. Al-Kahfi,18 : 60).
Karakter yang begitu istimewa terdapat pada diri seorang pemuda. Dengan karakter-karakter khas seperti yang disampaikan diatas pemuda mempunyai peran yang strategis. Peran membawa perubahan. Perubahan menjadi indikator suatu keberhasilan terhadap sebuah gerakan pemuda. Perubahan mewujudkan kualitas bangsa ini menjadi lebih baik. Dengan segala keterampilan dan kreatifitas yang dimilikinya, pemuda diharapkan bisa membawa perubahan untuk bangsa Indonesia menjadi lebih baik, bermartabat, dan berkualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar